Beranda > Hindu (3^~) > KERIS PUSAKA NUSANTARA

KERIS PUSAKA NUSANTARA

KERIS PUSAKA NUSANTARA

Ketertarikan saya dengan keris ketika melihat keris di tanyangan televisi dan di akui dunia semenjak itu  mulai bangga dengan karya leluhur saya sebagai trah Pande. Yang sangat luar biasa perpaduan antara  Palu : Bapak Angkasa denagan Paron Ibu pertiwi melahirkan pusaka sacral yang sampai di akui dunia sebagai wariswan dunia United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang merupakan organisasi bidang pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. “Dunia telah mengakui keberadaan keris Indonesia, sekaligus mendapat penghargaan dunia sejak 25 November 2005,”  berikut ini contoh keris Bali yang saya ambil di museum online

Image

Image

Jenis Pusaka : Keris
Nama : KERIS KERAJAAN KLUNGKUNG – BALI
Era : Abad Ke-19
Bahan : Emas, Batu Permata dan Batu Mulia

Koleksi :
MUSEUM NASIONAL INDONESIA (Museum Gajah)
Jalan Medan Merdeka Barat no.12,
Jakarta Pusat, DKI JAKARTA 10110
INDONESIA

Keris Kerajaan Klungkung ini di ambil oleh Ekspedisi Militer Kolonial Belanda dan rencananya akan dikirimkan ke Belanda. Tetapi kemudian tidak dilakukan dan saat ini menjadi koleksi Museum Nasional Indonesia di Jakarta.

Di bilang keris bermata/merai 3 yang mengartikan tajam sisi kiri sebagai Bhatare Brahma, tajam sisi kanan Bhatare Wisnu, tajam di ujungnya Bhatare Ciwa atau Melambangkan bersatunya bumi dan langit dengan diwujudkan pamor batu bintang/meteor angkasa dan besi dari tanah bumi perpaduan ini lah yang membuat pusaka keris menjadi sacral. Bilah keris mengartikan Lingga dan ganjanya mengartikan Yoni jadi keris itu sama dengan pretime.

Kategori:Hindu (3^~)
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar